Kamis, 21 Juni 2012

Tutorial membuat brosur :


1.      Buatlah ukuran kertas menjadi 21,9 cm dan 16, cm pada posisi landscape.
2.      Masukan gambar batik buat ukurannya menjadi 11 cm dan 16,5 cm dan buat transparency.











3.      Buatlah kotak, beri warna orange buat shape tool (F10) dan mainkan transparency, sehingga tampak seperti ini.











4.      Copy dengan tanda “+” pada keyboard dan beri warna kuning sehingga nampak kuning menutupi warna orange kemudian pada selection warna kuning klik kanan Order-Back one, hingga akan nampak seperti gambar berikut.













5.      Masukan logo Politeknik Pusmanu dengan tulisan “Ayo Kuilah” jika masih terdapat kotak putih bersihkan dengan cara klik kanan pada logo Outline Trace-High Quality image-Ok. Lihat hasil gambar sebelah kanan.



6.      Selanjutkan masukan tulisan “POLITEKNIK BATIK PUSMANU” hingga semuanya tertulis dan mainkan imajinasi kita. Jika ingin mengedit tulisan cukup dengan Outline Pen (F12) yang terlebih dahulu selection tulisan yang akan kita edit.
7.      Untuk efek background putih sendiri, buatlah kotak (Rectangle Tool F6) beri warna putih dan beri efek Tranparency. Seterusnya seperti itu, kemudian untuk telepon sendiri saya ambil dari internet dan saya bersihkan dengan Outline Trace seperti logo Politeknik Pusmanu Ayo Kuliah dan lainnya hanya pengembangan tulisan dengan imajinasi kita. Hingga semua menjadi gambar seperti berikut.







8.      Untuk sisi sebelah kiri cukup dengan cara Crtl+A – Arange – Transformastion – Scale pada kolom Transformation pilih tab Miror-Horisontal-centang kotak pada sebelah kiri dan Apply to Duplicate. Kemudian akan nampak dua belah gambar yang sama dan setelah itu hapus semua tulisan yang baru saja kita duplikasi, hingga nampak seperti berikut










9.      Untuk sisi yang baru kita tambahkan beberapa keterangan mengenai Politeknik Pusmanu Pekalongan. Semua menggunakan pengembangan tulisan yang kita miliki sendiri, menggunakan permainan Outline Pen F12 dan imajinasi kita.








10.  Untuk memasukan foto mahasiswa PSM cukup masukan paka sisi sebelah kiri kemudian klik kanan pada foto PSM-Order-Behind-kita klik pada background wana putih agar membelakanginya.
11.  Setelah itu kita tambahkan syarat untuk pendaftaran. Pertama kita buat kotak dengan Rectangle Tool (F6), kita buat kotak tersebut dengan Fill-Texture Fill-warna dasar coklat-Texture Library: Samples- Texture list: Moon Surface- ok.









12.  Jadilah hasil brosur kita dengan corel draw x4.
















0 komentar: